Sabtu, 18 Februari 2012

   Media pembelajaran interaktif adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi agar peserta didik berperan aktif dalam suatu proses belajar mengajar.
Salah satu pengembangan dari media pembelajaran adalah penggunaan media yang lebih dari satu yang bisa disebut juga multimedia. Media ini merupakan kombinasi bisa dari antara teks, grafik, animasi, suara dan video. Perpaduan kombinasi dua atau lebih jenis media ditekankan kepada kendali komputer sebagai penggerak keseluruhan gabungan media itu.

Media pembelajaran interaktif dalam hal ini peserta didik diajak untuk partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan model interaktif seolah-seolah terjadi komunikasi dua arah antara peserta didik dengan narator yang membawakan materi pembelajaran.
Ajakan untuk ikut partisipasi aktif dilakukan misal dengan meminta peserta didik untuk melakukan kegiatan menghitung, menulis, menirukan ucapan atau melafalkan, menjawab pertanyaan dan lain-lain. Ajakan untuk ikut partisipasi aktif bisa dilakukan dengan menanyakan berita penting yang terjadi pada hari itu misalnya yang dibaca dari koran, tayangan TV, kemudian yang didengar dari radio (Daryanto, 2010:45-46).
Model interaktif sangat relevan untuk kegiatan pembelajaran baik yang bersifat individual maupun kelompok. Namun jika pemanfaatan secara individual, maka peserta didik dituntut untuk lebih aktif mencari solusi sendiri atas persoalan-persoalan yang dijumpai.
06.26   Posted by aries in with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search