Selasa, 24 April 2012

pembelajaran multi media sebagai model pembejaran modern di sekolah
secara etimologis multimedia berasal dari kata "multi" yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (bahasa latin berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu). kata medium dalam American Heritage Elektronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. jadi subyek multi media adalah informasi yang bisa dipresentasikan kepada manusia. secara sederhana presentasi informasi itu sering dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan.

visualisasi adalalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkretkan sesuatu yang abstrak. gambar dua dimensi atau tiga dimensi adlah visualisasi menjadi pendekatan yang sangat berguna dilakukan dalam belajar.

perlu dipahami bahwa teknologi multimedia hanya bertindak sebagai pelengkap, tambahan atau sebagai alat bantu. multimedia tidak akan mengambil alih tempat dan tugas guru. hal ini adalah saluran pilihan dalam menyampaikan informasi dengan cara lebih berkesan.

ada beberapa manfaat yang dapat diambil dalam pembelajaran multimedia pembelajaran yaitu:
1. Pengenalan perangkat teknologi informasi dan komunikasi kepada siswa.
2. Memberikan pengalaman baru dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa
3. Mengejar ketinggalan pengetahuan tentang iptek di bidang pendidikan.
4. Pemanfaatan multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar para pembelajar
5. Multimedia dapat digunakan membantu siswa membentuk mental yang akan memudahkan memahami suatu konsep.
6. mengikuti perkembangan iptek

PENGERTIAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.
sedangkan pembelajaran diartikan proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa untuk belajar. belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan. dengan demikian aspek yang menjadi penting dalam aktifitas belajar adalah lingkungan. bagaimana lingkungan ini diciptakan dengan menata unsur-unsur sehinga dapat merubah perilaku siswa. Dengan demikian MULTIMEDIA PEMBELAJARAN adalah aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, persaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali.(dikuti dari Niken Ariani, S. Pd dan Dany Haryanto, S. Phil)
06.15   Posted by aries in with No comments

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search